Menjadi orang tua merupakan sebuah pekerjaan yang berat, tapi menyenangkan. Sejauh ini, saya dan istri masih memilih untuk membesarkan Leia tanpa bantuan babysitter. Alasannya sederhana, ingin melihat langsung bagaimana perkembangannya dan bagaimana dia tumbuh.

Memang tidak mudah, namun begitulah resikonya. Kami jadi lebih menghargai jasa orang tua dan merasakan langsung bagaimana betapa repotnya saat orang tua membesarkan kami.

Di usia satu tahun ini, sudah banyak sekali perkembangan Leia yang setiap hari bertambah kebisaannya. Meski belum bisa berjalan dengan lancar, Leia kini sudah mulai cerewet. Kami sering merasa geli saat dia bisa menirukan apa yang kita bicarakan walaupun belum jelas dia bicara, tapi setidaknya bisa mengikuti huruf vokalnya. Celotehan-celotehan yang seringkali membuat ingin cepat pulang saat saya tidak di rumah.

Pernah suatu kali, istrinya saya merasa stres karena Leia susah sekali makan. Istri saya seperti merasa tertekan karena Leia tidak suka makanan yang dibuatnya. Kebetulan dia memang selalu memasak makanan untuk Leia sendiri. Setiap makanan yang masuk ke mulutnya selalu dikeluarkan alias dilepeh. Sampai istri saya memarahi Leia dan menangis.

Kesal. Sampai tercetus dari mulut istri saya, mending kita cari babysitter saja.

Saya langsung membayangkan bagaimana jika Leia diasuh oleh babysitter. Banyak cerita yang tidak menyenangkan, apalagi jika sang pengasuh tidak kita kenal baik dan tidak tahu latar belakangnya. Bisa-bisa… Ah tak sanggup membayangkannya.

Untunglah kekesalan itu masih sebatas emosi sekejap saja. Sampai saat ini, Leia belum diasuh oleh babysitter. Saya kemudian mencari tahu sebenarnya apa saja kriteria yang sebaiknya dimiliki pengasuh anak yang dirangkum dari berbagai sumber. Mungkin bisa memberikan inspirasi untuk kita semua.

demianak-9-kriteria-yang-harus-dimiliki-babysitterLalu, untuk mencari tahu seperti apa latar belakang sang pengasuh anak supaya kita tidak salah pilih untuk kebaikan keluarga, terutama anak kita. Ini pun dirangkum dari berbagai sumber.

demianak-cara-mencari-babysitter

Kesimpulannya adalah apapun yang kita lakukan diharapkan yang terbaik untuk anak kita. Dengan adanya pengasuh anak bukan berarti kita lepas tangan mengasuh anak kita. Mereka tugasnya untuk meringankan tugas kita sebagai orang tua, namun tanggung jawab sepenuhnya tetap pada orang tua.

Related Post

Bagaimana Pendapatmu?