Membawa anak bermain tentu menyenangkan. Terlebih jika merencanakan bersama kerabat yang memiliki anak yang seumuran akan menjadi playdate semakin seru. Tapi namanya anak kecil, apalagi balita, belum bisa berinteraksi satu sama lain seperti orang dewasa. Celakanya mereka malah bermain sendiri-sendiri dan saling tidak menghiraukan. Meski itu normal, orang tua bisa membantu anaknya saling berinteraksi di playdate lewat mainan dan aktivitas. Semuanya bisa dilakukan di rumah kok.

1. KOLAM KECIL

kolam-kecil
foto: Freeimages

Air menjadi favorit anak-anak. Sambil menikmati hari yang cerah, Anda bisa mengesetnya di luar ruangan dan mengamati bagaimana mereka bermain bersama teman-temannya. Tambahkan pasir dan mainan peralatannya untuk melatih sensor motorik mereka.

2. MEMBUAT KUE

membuat-kue
foto: Freepik

Bermain menggunakan bahan-bahan kue seperti terigu sangat mengasyikkan. Anda bisa meminta bantuan anak-anak sambil mengajarkan cara membuat kue. Mereka pun bisa saling bekerja sama. Namun hati-hati dengan peralatan yang berbahaya untuk anak, seperti pisau dan kompor. Yang paling seru saat kuenya sudah jadi, mereka bisa mencicipi kue hasil buatannya.

3. KERAJINAN TANGAN

crayon
foto: Freeimages

Setiap anak memiliki bakat seni, dan playdate yang melibatkan kreativitas selalu menyenangkan. Anda dapat menyiapkan kertas atau kanvas dan meminta anak-anak untuk menggambarnya bersama. Bisa juga setiap anak membuat origami dan hasilnya digunakan untuk membuat cerita dongeng.

4. FOLLOW THE LEADER

kids
foto: Freepik

Permainan interaktif ini mudah dilakukan oleh dua anak atau lebih. ‘Leader’ dapat melakukan gerakan sesuka hati dan yang lainnya mengikutinya.

5. TANGKAP BOLA

tangkap-bola
foto: Freeimages

Tak dapat dipungkiri permainan klasik seperti tangkap bola adalah cara ampuh untuk mengikat satu sama lain. Permainan ini bagus juga untuk melatih koordinasi mata dan tangan.

6. DONGENG BONEKA

boneka
foto: Pixabay

Gunakan boneka tangan untuk bercerita dongeng di hadapan anak-anak. Jika tidak ada, bisa juga menggunakan kantong kertas atau plastik yang dikreasikan menjadi sebuah karakter. Pancing anak-anak untuk bergantian menampilkan cerita mereka sendiri, siapa tahu muncul bakat yang tidak Anda duga.

Related Post

Bagaimana Pendapatmu?